Keutuhan Tim Jadi Persoalan Persib

Di luar kelelahan dan absennya 6 pemain yang memperkuat tim nasional Indonesia dan Thailand, ada persoalan lain yang disoroti pelatih Jaya Hartono yang menjadi penyebab belum optimalnya performa Persib. Masalah itu menyangkut kerja sama dan keutuhan tim.

"Selama ini, kita belum pernah tampil dan latihan dalam kekuatan utuh. Ketika kita sedang membangun tim, empat pemain kita dipanggil tim nasional. Sekarang kita juga harus kehilangan dua pemain nasional Thailand. Karena tidak pernah latihan bersama, kerja sama tim jelas tidak terbangun secara baik," kata Jaya di Mes Persib, Jln. A. Yani Bandung, Rabu (11/11).

Menurut Jaya, diakui atau tidak, terpanggilnya empat pemain pilar Persib ke timnas cukup mengganggu program pembentukan tim yang sedang dilakukannya. "Di satu sisi, saya senang karena pemain kita dibutuhkan tim nasional. Tapi, karena sering meninggalkan tim, kita jadi sulit membangun kerja sama tim," katanya.

Berdasarkan pengamatan "GM" dari dua pertandingan yang sudah dimainkan Persib, yaitu ketika dikalahkan Persiba Balikpapan 0-2 dan PSM Makassar 1-2, serta kekalahan dalam partai uji coba melawan Persikabo 0-1, Selasa (10/11), persoalan yang dihadapi Eka Ramdani dan kawan-kawan tidak melulu soal fisik, tapi juga permainan individu yang masih menonjol.

Diakui Airlangga

Keluhan sulitnya membangun kerja sama tim lantaran latihan jarang diikuti seluruh pemain, sebelumnya juga dirasakan striker Persib, Airlangga. Mantan striker Deltras Sidoarjo yang akrab disapa Ronggo ini mengatakan, belum terbangunnya kerja sama tim yang baik itu lantaran terlalu banyak pemain yang dipanggil tim nasional.

"Terus terang, dari sisi materi pemain, kita sudah bagus. Soal fisik, dari hasil penggenjotan selama dua minggu, ternyata juga cukup baik. Saya melihat yang menjadi kekurangan Persib saat ini hanyalah keutuhan dan kerja sama tim. Itu karena kita tak pernah latihan lengkap," papar satu-satunya pencetak gol Persib di Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 ini.

Usai kekalahan 0-1 dari Persikabo, Manajer Persib, H. Umuh Muchtar pun sempat menyoroti persoalan masih kurangnya kerja sama tim ini. Umuh mencontohkan Hilton Moreira yang kerap terlalu asyik memperagakan kemampuan individunya, ketimbang menyodorkan bola kepada rekannya yang lebih bebas. "Setelah ini (lawan Persikabo, red), saya akan berbicara dengan Hilton. Ia tidak boleh bermain individu seperti itu," ujar Umuh.

0 komentar:

Posting Komentar